Sabtu, 08 November 2014

Cara Membuat Game Sederhana Menggunakan Bahasa C (Game Puzzle)

Game Puzzle-15 Sederhana menggunakan bahasa C

screenshot game puzzle-15
screenshot game puzzle-15
Sebenernya game ini adalah proyek untuk menuntaskan laporan praktikum di kampus yaitu praktikum algoritma dan pemrograman I, kebetulan ja bahasa pemrograman yang dipake bahasa C.
Saya memutuskan membuat proyek game (bukan game yang canggih lho…sederhana banget malah…hehe..^^), karena temen – temen yang lain kebanyakan bikin aplikasi perhitungan nilai mahasiswa, manajemen data siswa, perdagangan, dll… Saya pikir, kalau bikin game tu kayaknya cukup menantang dan berbeda dari yang lain. Lalu saya mencari inspirasi kemana-mana, termasuk dengan cara browsing di internet. Entah kenapa dan bagaimana, suatu ketika, kepikiran ja pengen bikin game puzzle-15, kayaknya sih karena waktu itu dapet ngeliat puzzle (entah dimana tempatnya)…
Tersedia kotak Puzzle berukuran 4 × 4 yang berisikan angka – angka dari 1 sampai 15 dan 1 buah kotak kosong, dimana angka – angka tersebut telah ditempatkan secara acak sedemikian rupa, dimana system pengacakannya bukan berdasarkan pengacakan tempat saja, namun menggunakan teknik pengacakan perpindahan kotak kosong dari posisi akhir dari urutan puzzle  yang diinginkan, dimana penggunaan metode ini dimaksudkan agar posisi dan urutan akhir yang diinginkan dapat tercapai dari posisi awal yang telah acak.
Cara memainkannya sangat mudah, tinggal menggeser-geser kotak kosong menggunakan tombol arah (panah), sampai akhirnya semua kotak yang berisi angka-angka terurut dengan benar, dan posisi kotak kosong berada di pojok kanan bawah…(simpel banget kan..?!). Di game ini terdapat 3 level kesulitan yang bisa dipilih untuk dimainkan, yaitu easy, medium, dan hard.
Dengan mengedit beberapa code pada source-code program game ini, kita bisa menambah ukuran dari game puzzle ini (siapa tau aja, udah bosen sama yang 4×4, trus pengen nambah tantangan jadi 10×10 mungkin…hehe…). Dan nggak cuman ukuran aja yang bisa diubah, tingkatan level pun bisa diubah (tentunya ngedit source-code juga….hehe — maklum, kan masih sederhana…^^).
Caranya gampang banget kok :
untuk nambah dimensi ukuran, edit yang bagian
1
#define fieldSize 4
nah, angka 4 tersebut bisa diganti sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
Untuk nambah tingkat kesulitan, edit aja bagian yang ini :
1
2
3
#define easy 10
#define medium 20
#define hard 30
Angka – angka tersebut merupakan jumlah perpindahan kotak kosong dari posisi akhir yang diinginkan. angka – angka tersebut diatas, bisa diganti sesuai dengan yang diinginkan, semakin besar angkanya, semakin banyak pula perpindahan yang dilakukan, dan semakin sulit untuk diselesaikan.
Disini bisa di-download source-code dan file executable dari game ini.

2 komentar: